RSUD Bulukumba Ingatkan Bahaya Tuberkulosis Kepada Pengunjung Rumah Sakit

oleh -151 Dilihat

LISTINGBERITA,BULUKUMBA,-Peringatan Hari Tembakau Sedunia RSUD H.Andi Sulthan Dg Radja Kabupaten Bulukumba menggelar kegiatan sosialisasi Tuberkulosis (TB) kepada Pasien, Penunggu Pasien dan Keluarga pasien di ruang tunggu Poliklinik Paru RSUD H.Andi Sulthan Dg Radja Bulukumba. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Instalasi PKRS dan Humas RSUD, Rabu (6/7)

Acara dimulai pada pukul 09.00 dan dibuka oleh dr.Hamka,Sp.P penanggung jawab Poliklinik paru dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada seluruh yang hadir di acara sosialisasi tuberculosis yang merupakan rangkaian hari tembakau sedunia yang di peringati setiap tanggal 31 Mei.

Ia mengajak untuk selalu menjaga kesehatan, khususnya terhindar dari menderita tuberculosis yang di akibatkan berbagai faktor salah satunya merokok.

“Mari kita bergaya hidup sehat”,”ucapnya.

Sementara dr. Anugrah Dwitami Hafid dokter residen poliklinik paru sebagai narasumber menjelaskan Tuberculosis (TB) yang juga diketahui dengan singkatan TBC, adalah penyakit menular yang umumnya menyerang paru -paru yang diakibatkan oleh Mycobacterium tuberculosis dan dapat menyerang organ tubuh lainnya seperti, ginjal, tulang belakang dan otak.

Penularan tuberculosis (TBC) terjadi ketika orang tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) dari seorang terinfeksi TBC bersin atau batuk.

Resiko penularan penyakit ini lebih tinggi pada orang yang tinggal serumah, satu tempat kerja dengan penderita TBC.

Dr. Anugrah Dwitami Hafid menghimbau kepada yang hadir di sosialisasi ketika mengalami gejala pada diri atau keluarga berupa batuk lebih dari 3 minggu yang dapat disertai dahak yang berdarah, demam, nyeri dada dan berkeringat dimalam hari untuk segera memeriksakan diri pada fasilitas kesehatan khususnya di Poliklinik Paru RSUD H.Andi Sulthan Dg Radja Bulukumba.

No More Posts Available.

No more pages to load.