SMA Negeri 6 Takalar Adakan Rapat Virtual, Ini yang Dibahas

oleh -
Sahabuddin Rola Guru SMAN 6 Takalar Melakukan Rapat Virtual

LISTINGBERITA.COM, TAKALAR ,- Sebelum memasuki libur hari raya Idhul Fitri 1441 H, warga SMA Negeri 6 Takalar mengadakan rapat secara virtual atau dalam jaringan, Selasa 19 Mei 2020.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kepala UPT. SMA Negeri 6 Takalar, Ilham, S. Pd., M. Pd. dan diikuti oleh Wakil Kepala Sekolah, Dewan Guru, Kepala Tata Usaha beserta Staf baik ASN maupun Non ASN, jalannya rapat berlangsung aman dan lancar.

Ada dua agenda penting yang dibahas dalam rapat tersebut yaitu perencanaan dan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 dan perencanaan dan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021

Kepala UPT. SMA Negeri 6 Takalar, Ilham, S. Pd., M. Pd, dalam arahanya saat memberikan sambutan menjelaskan bahwa sesuai edaran Pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, dalam melaksanakan kegiatan tidak boleh mengumpulkan banyak orang, hal inilah yang melatarbelakangi sehingga rapat membahas Ujian Semester dan PPDB dilaksanakan secara daring.

“Dalam rangka pelaksanaan penilaian akhir semester genap dan penerimaan peserta didik baru yang kemungkinan berlangsung masih dalam masa pandemi covid-19, setiap melakukan kegiatan, pihak kami selalu mengikuti protokol kesehatan, termasuk semua kegiatan di sekolah tidak boleh mengumpulkan orang banyak, untuk penilaian akhir semester genap dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya” kata Ilham, dalam sambutannya.

Dihubungi secara terpisah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Sahabuddin Rola mengemukakan bahwa, rapat kali ini adalah kali kedua yang dilakukan secara virtual atau daring, tanggal 1 Mei 2020 yang lalu, pihaknya juga melaksanakan rapat secara daring yaitu rapat penentuan kelulusan peserta didik kelas XII.

“atas beberapa masukan dari peserta rapat, kami memutuskan bahwa penilaian akhir semester genap ini dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi sebelumnya, dimana portofolio yang dimaksud adalah penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan kemampuan peserta didik, mulai dari nilai rapor semester ganjil serta nilai proses serta rekam jejak masing-masing peserta didik dalam periode sebelum masa tanggap darurat covid-19 atau sebelum dilaksanakannya proses belajar di rumah” urai Sahabuddin Rola.

hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Surat Edaran bahwa ujian semester untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh, dengan demikian proses belajar dan penilaian atau penugasan dari guru selama belajar di rumah tidak dijadikan faktor utama dalam penentuan kenaikan kelas peserta didik nantinya” tambah Sahabuddin Rola

Ucapan Idul Fitri - Pemda Jeneponto