Sukses Gelar Pilkades Dengan Sistem E-Voting, Torut Berlajar Ke Lutra

oleh -2929 Dilihat
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa PMD dan Lembang Kabupaten Toraja Utara, saat melakukan studi banding di Kabupaten Luwu Utara, Kamis (14/03/2019) kemarin.

LISTINGBERITA.COM|LUTRA – Sukses menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2018 dengan sistem elektronik voting (E-Voting), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa PMD dan Lembang Kabupaten Toraja Utara, melakukan studi banding di Kabupaten Luwu Utara, Kamis (14/03/2019) kemarin.

Rombongan Dinas PMD/L Toraja Utara itu, diterima oleh Asisten Administrasi Umum Pemda Lutra, Muhammad Kasrum, dan Kadis PMD Lutra Misbah, serta sejumlah pejabat jajaran Pemda Lutra di Ruang Rapat Dinas PMD Lutra.

Mewakili Bupati Luwu Utara, Muhammad Kasrum, menyambut baik dan hangat rombongan Study Banding e-Voting PMD/L Torut yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari para pejabat PMD Torut serta para Camat dan Kepala Lembang.

“Selamat datang di Luwu Utara, dan kerima kasih telah menjadikan Luwu Utara sebagai lokus study banding e-Voting,” kata Kasrum.

Diketahui, Kabupaten Luwu Utara adalah kabupaten kedua yang menerapkan e-Voting dalam kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada 2018 kemarin.

Dari 41 desa yang menggelar Pilkades serentak 2018 di Luwu Utara, ada tiga desa yang sudah menerapkan sistem e-voting, dan dinilai berhasil dalam penerapannya.

“Penerapan metode e-Voting di tiga desa tersebut, Alhamdulillah berjalan aman dan lancar,” kata Kadis PMD Lutra, Misbah.

Manurutnya, penerapan sistem ini berdampak positif terhadap pelaksanaan Pilkades yang aman dan jujur serta jauh dari kecurangan.

“Dan itu sudah kita buktikan. Selain lebih cepat, metode ini jauh dari kecurangan. Untuk itu, keterlibatan Dukcapil dan Kominfo dalam mengoptimalkan sistem ini sangat penting, sebab semua data harus terintegrasi,” tambah Misbah.

Selain Asisten II dan Kadis PMD Lutra, hadir pula hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Arief R. Palallo, serta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Mas’ud Masse. (hms)

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.