Tak Banyak Yang Tahu Rahasia H.Suwardi Menjadi Pengusaha Sukses

oleh -330 views

LISTINGBERITA.COM,BULUKUMBA—Belakangan ini nama H.Suwardi kini menjadi santer dibicarakan bukan hanya karena dia adalah caleg yang patut diperhitungkan di Dapil 1 Bulukumba namun juga karena dirinya salah satu pengusaha muda yang sukses.

Haji Suwardi terlahir dari pasangan Haji Olleng dan Hajja Kati sekitar 40 tahun yang lalu,orang tua H Kardi disini merupakan pengrajin atau pembuat perahu Pinisi yang terkenal didaerahnya.

Kondisi ekonomi orang tua Haji Kardi yang sangat sederhana memaksa dirinya harus bekerja lebih keras dan giat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari sebagai tukang pembuat perahu.

“Karena bapak saya yatim diusianya yang masih muda ,bapak saya tidak sekolah dan akhirnya harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup,”kenang H.Kardi

Baca Juga ! :  Tarian Khas Sulsel, Meriahkan Peringatan HUT Ke-19 Dharma Wanita Persatuan di Lutra

Dari situlah H.Suwardi mulai mewarisi keahlian ayahnya sebagai tukang pembuat perahu khusunya Perahu Pinisi.Haji Suwardi sejak kecil seringkali membantu sang ayah bila ada pesanan kapal yang datang.

“Itulah kenapa saya melakoni bisnis jual beli kapal kayu saat ini, karena tidak ingin melupakan perjuangan orangtua yang dulunya seorang pengrajin perahu dan sampai bisa memiliki perahu sendiri,”ujarnya.

Sedikit demi sedikit H.Suwardi bisa mencuri ilmu ayahnya,belajar secara otodidak dari sang ayah.Selain belajar membuat perahu H.Suwardi juga suka ikut menjadi pelaut hingga ke sejumlah pulau di Indonesia untuk membawa barang.

“Pernah saya terombang ambing diatas kapal hingga beberapa hari karena kapal rusak dan disitulah saya belajar tentang arti kehidupan dan hanya kepada Allah saya meminta pertolongan,”kenangnya lagi.

Baca Juga ! :  "Landmark Society Fest" Luwu Timur, Husler : Kegiatan Seperti Ini Patut Diapresiasi

Dari semua pengalaman hidup itu,Haji Kardi akhirnya tumbuh menjadi pria yang tangguh,ulet,gigih dan pekerja keras,berbagai macam rintangan yang dihadapinya mulai dari isu hoax dan fitnah yang selalu menerpa dirinya saat menjadi caleg saat ini,maupun serangan negarif kepada usaha usahanya.Namun Haji Suwardi mengaku gak pernah gentar baginya itu adalah dinamika hidup yang harus dirinya jalani dan hadapi.Filosofi hidupnya adalah bila layar telah terkembang pantang surut kembali.

“Bajikangngangi Tallang Daripada Minroa,”ucapnya.

Saat ini Haji Suwardi telah menjadi pengusaha pembuat perahu Pinisi yang sukses.Bahkan peminat perahu buatannya kini hingga ke mancanegara.Dia mengaku tidak akan meninggalkan budaya dan warisan nenek moyangnya dan akan terus menjaga kearifan lokal para pembuat Perahu Pinisi.

Baca Juga ! :  Nuansa Kampung Ramadhan Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Takalar

Sekalipun saat ini dirinya maju sebagai calon wakil rakyat,dirinya tidak akan meninggalkan usahnya jika terpilih nantinya dan bahkan dirinya bertekad jika mendapat amanah duduk di DPRD kabupaten bisa memajukan usaha pembuatan perahu Pinisi di kampungnya,seperti membuat perda tentang perahu Pinisi untuk menjaga eksistensi Pinisi itu sendiri agar tidak tergerus dengan kemajuan teknologi di zaman ini.

“Apalagi Pinisi telah menjadi warisan dunia sehingga perlu adanya keseriusan dalam menjaga warisan ini agar tetap terjaga dan tidak mudah diklaim oleh pihak manapun”,pungakasnya.