Timah Panas Lumpuhkan Spesialis Pencuri Motor di Bulukumba

oleh -293 views

LISTINGBERITA.COM,BULUKUMBA—Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Bulukumba akhirnya berhasil meringkus Target Operasi (TO) spesialis pencuri motor yang kerap kali berkasi di Bulukumba dan sejumlah daerah lainnya seperti di Sinjai Sulawesi-Selatan.

Penangkapan tersangka Heriyanto alias Rinto (25) yang merupakan warga Dusun Kalikie Desa Manyampa ini berhasil dilakukan atas kerjasama pihak Stareskrim Polres Bulukumba bersama Polsek Asera Konawe Utara Sulawesi Tenggara pada 9 Oktober 2019 lalu.

Berdasarkan hasil koordinasi tersebut terungkap jika Rinto yang menjadi DPO selama ini, berada di pelabuhan Pincara Desa Laronanga Kampung Andowiya kabupaten Konawe Utara.Pelaku sendiri terpaksa dihadiahi timah panas karena mencoba kabur saat hendak diringkus.

Baca Juga ! :  Hadiri Rakorwasda Pemprov Sulsel, Bupati Luwu Utara Siap Dukung Komitmen KPK

Dalam menjalankan aksinya Rianto memiliki keahlian dalam membobol kunci motor korbannya tanpa menggunakan alat bantu, dengan cara membongkar kap motor bagian samping yang dekat dengan tempat penguncian motor, lalu kabel yang menghubungkan dibagian kunci tersebut dihubungkan dengan kabel lainnya sehingga motor tersebut bisa menyala.

“Setelah mencuri motor diwilayah Bulukumba biasanya pelaku menjualnya di daerah lain seperti Sinjai,atau pelaku mencuri di wilayah Sinjai dan menjualnya di Wilayah Bulukumba,”Ujar Kasat Reskrim Polres Bulukumba AKP Bery Juana Putra.

Baca Juga ! :  Kapolda Sulsel Sambut Kedatangan Jamaah Haji Kloter Terakhir

Penangkapan Rianto sendiri merupakan pengembangan setelah sebelumnya polisi berhasil meringkus tiga pelaku lainnya dimana dari tangan para pelaku polisi mengamankan 6 Unit motor . 2 Unit dari tiga pelaku yang sebelumnya ditangkap, dan dari tangan Rinto sendiri diamankan 4 unit sepeda motor.

Rianto sendiri mengaku mulai melakukan aksinya pada bulan juni 2019 lalu dan menjualnya lewat media sosial facebook dengan harga bervariasi antar 2 hingga 3 juta rupiah.

Baca Juga ! :  Untuk Kedua Kalinya dalam Sebulan ,Polres Bulukumba Fasilitasi Pernikahan Tahanan Narkoba

“Kalau biasanya calon pembeli menanyakan surat surat kendaraan saya bilang hilang,”ujar Rinto.

Untuk mempertanggung jawabkan aksinya pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara.