Tingkatkan Kualitas Pemilu, Bupati Indah : Dibutuhkan Kerjasama Antar Pemangku Kepentingan

oleh -678 views
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, membuka acara Pelatihan Pengawasan Teknis Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019, yang di gelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara, di Aula Hotel Remaja Indah Masamba, Minggu (03/02/2019) kemarin.

LISTINGBERITA.COM|LUTRA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, membuka acara Pelatihan Pengawasan Teknis Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019, yang di gelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara, di Aula Hotel Remaja Indah Masamba, Minggu (03/02/2019) kemarin.

Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan secara dini bekal pengetahuan teknis pengawasan pemilu kepada Panwascam agar dapat menjalankan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 dengan baik.

Baca Juga ! :  Haji Suwardi Hadirkan Ustadz Ubaidillah Hafiz,Sang Hafidz Yang Pernah Jadi Imam Masjid di Madinah

Dalam sambutannya, Bupati Indah mengatakan, untuk meningkatkan kualitas pemilu dibutuhkan kerjasama yang baik antar pemangku kepentingan.

“Penyelenggara pemilu, kepolisian, pemerintah, parpol dan masyarakat, harus mengambil peran guna menyukseskan Pemilu 2019,” kata Indah.

Menurutnya, apa yang kita lakukan hari ini, tentu akan semakin memperkuat komitmen kita bahwa demokrasi itu harus melalui kompetisi yang sehat dan tanpa kekerasan.

“Pelaksanaan tugas dan fungsi jajaran pengawasan dan stakeholder lainnya harus selalu sinkron, dan mengedepankan aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tercipta pemilu yang sejuk, aman dan damai,” terang Bupati pertama di Sulsel itu.

Baca Juga ! :  Pasca Cuti Lebaran, Kehadiran ASN di Luwu Utara Capai 97,5 Persen

Sementara itu, Ketua Bawaslu Lutra, Muhajirin, mengatakan, pihaknya telah melakukan fungsi pengawasan dan pengelolaan keuangan, sehingga kita mendapat predikat terbaik di Sulsel.

“Alhamdulillah, kita masuk predikat terbaik di Sulawesi Selatan,” kata Muhajirin, mengawali sambutannya.

“Oleh karena itu, fungsi pengawasan dan pencegahan yang kita miliki harus kita tunjukan sebelum para kandidat ataupun caleg melanggar, sehingga ada pencegahan dini sebelum pelanggaran itu terjadi,” terangnya.

Baca Juga ! :  Wow Kereeen, Jalan ke Seko Mulai Tampak Indah

Diketahui, selain Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dan Ketua Bawaslu Luwu Utara Muhajirin, turut hadir dalam kegiatan pelatihan ini, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan serta Ketua KPU Luwu Utara Syamsul Bachri. (Hms)