Tinjau TPA Meli, Bupati Lutra Instruksikan Bentuk Kelompok Bank Sampah di Semua Wilayah

oleh -653 Dilihat
Indah Putri Indriani (IDP), meninjau Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Meli, di Desa Meli, Kecamatan Baebunta, Jumat (29/11/2019).

LISTINGBERITA.COM | LUTRA – Indah Putri Indriani (IDP), meninjau Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Meli, di Desa Meli, Kecamatan Baebunta, Jumat (29/11/2019).

Bupati Indah Putri Indriani didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Bambang Irawan. Dalam peninjauan tersebut, Indah Putri Indriani menginstruksikan seluruh Perangkat Daerah, Kecamatan, Kelurahan dan Desa untuk membentuk kelompok Bank Sampah.

“Saya harap semuanya harus mendorong terbentuknya kelompok Bank Sampah yang ada di wilayah masing-masing,” tegas Indah di sela-sela kunjungan.

Ia menyebutkan beberapa wilayah yang mulai aktif, di antaranya Mappedeceng, Bonebone, Sukamaju, Tanalili dan Masamba.

“Yang lain juga ikut aktif, yang sudah aktif jangan berhenti, tapi justru semakin mendorong yang lain untuk membentuk kelompok Bank Sampah,” harapnya.

Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan ini juga berharap masyarakat yang lain untuk ikut berperan aktif melakukan pemilahan sampah rumah tangga.

“Pintu pertamanya itu ada di rumah tangga karena sampah terbanyak masih didominasi oleh sampah rumah tangga. Kalau kita semua sadar melakukan pemilahan ini, maka itu sudah menjadi langkah awal meringankan tugas dari teman-teman kita yang ada di TPA,” imbuhnya.

Sementara Kadis LH, Bambang Irawan, mengatakan, persoalan sampah bukan hanya persoalan Luwu Utara dan Indonesia saja, tapi sudah menjadi persoalan dunia.

“Persoalan sampah harus kita tindaklanjuti dengan cepat karena dampak pencemarannya juga luar biasa,” kata Bambang.

“Jika persoalan sampah dibiarkan, sama saja kita mewariskan air mata kepada anak cucu, yang seharusnya kita mewariskan mata air kepada anak cucu kita,” pungkasnya. (LH)

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.