Jelang Masa Tanam Padi, Pemda Lutra Gelar Tudang Sipulung Bersama Petani

oleh -1451 Dilihat
Pemerintah Daerah (Pemda) Luwu Utara, melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar tudang sipulung jelang masa tanam padi di Lapangan Sepak Bola, Dusun Pembasean, Desa Patila, Kecamatan TanaLili, Kamis (20/06/2019).

LISTINGBERITA.COM | LUTRA – Jelang musim tanam 2019-2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara menggelar ‘Tudang Sipulung’ dengan sejumlah Camat, dan Kepala Desa serta Petani Se – Kabupaten Luwu Utara.

Kegiatan yang di gagas oleh Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Lutra, di laksanakan di Lapangan Sepak Bola, Dusun Pembasean, Desa Patila, Kecamatan TanaLili, Kamis (20/06/2019).

Ketua Panitia, Silviah Yasin dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini digelar untuk mengevaluasi pelaksanaan tudang sipulung periode sebelumnya, serta merundingkan jadwal menanam padi yang merujuk pada potensi wilayah.

“Tudang Sipulung ini adalah agenda rutin setiap tahunnya sebelum memulai menanam padi. Serta di harapkan agar terjadi kesepakatan dan rumusan rekomendasi untuk penerapan teknologi spesifik lokasi,” kata Silviah.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara yang di wakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Lutra, Jumal Jayair Lussa dalam sambutannya mengatakan, tudang sipulung ini merupakan bentuk kearifan lokal masyarakat.

“Sehingga dalam sistem pertanian tudang sipulung sangat di perlukan untuk membicarakan hal-hal yang terkait dengan musim tanam dan teknis pertanian lainnya,” ujarnya.

Sebagai daerah penyumbang pangan nasional, lanjut Jumal, Luwu Utara yang di dukung oleh 28.404,01 Ha lahan baku sawah atau 26,41 persen dari wilayah luwu utara yang mampu memproduksi 213.570,47 Ton dengan surplus 82.058,10 Ton. Sehingga kegiatan ini sangat di perlukan untuk mengatur keberlanjutan pangan yang ada di Luwu Utara.

“Melalui moment ini, saya mengajak semua stakholder yang terkait langsung dengan pertanian, untuk terus bersama-sama membangun dan mengembangkan pertanian di Luwu utara, Sehingga dengan komitmen tersebut nilai ekonomis dapat hadir dan mendorong kesejahteraan petani,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri oleh Kepala dinas Ketahanan pangan, Alauddin Sukri, Kepala dinas TPHP Armiadi, serta para Camat, Kades, serta Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Luwu Utara, dan para petani. (Hms)

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.